Minggu, 04 Oktober 2015

Tugas Psi&Teknologi Internet

1) *)Contoh pelayanan e-service : Izin Penangkapan Ikan
  *)Contoh pelayanan e-service : Izin penangkapan ikan
      Tujuan : Pelayanan SIUP (Surat Izin Usaha Perikanan) melalui e-service, baik pemilik kapal maupun nelayan dapat mengurus perizinan online dimana saja dan kapan saja. 
      Layanan :  Dapat menghemat waktu layanan penerbitan Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP), dimana pada awalnya memerlukan waktu 22 hari kerja, namun dengan e-service hanya memerlukan waktu 12 hari kerja.
      ScreenShoot :    
   
   *)Keuntungan e-service
       - Memperluas jangkauan pasar
       - Alternatif saluran komunikasi ke pelanggan
       - Meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan
       - Meningkatkat citra perusahaan
    *)Kerugian e-service
       - Keamanan sistem rentan diserang
       - Biaya tambahan untuk mengakses internet
       - Resiko bocornya privacy/data pribadi
       - Berkurangnya waktu untuk berinteraksi dengan orang lain
2)  *) Kasus Penipuan
Penipuan Ketiga di TokoBagus.com
Sungguh malang mau dikata apa,ini semua kisah saya nyata dan saya alami. Sumpah demi ALLAH saya tidak akan lagi belanja online dengan orang indonesia dan saya mau belanja online di toko online yang mempunyai penyortiran dari si pengiklan bahwa yang menjual adalah benar benar dan tidak mengecewakan pembeli. Marah,kecewa dan kesal sudah pasti.

Kejadian penipuan yang ketiga ini saya alami pada tanggal 03/05/2013, entah kenapa saya tidak ada kapok kapoknya  belanja online di tokobagus.com dengan kejadian kejadian yang pernah saya alami. Maaf untuk semua pembaca,utnuk kejadian yang pertama dan kedua tidak ada screenshot dari sms dan bukti pembayaran,karena sudah hilang. Dan untuk yang ketiga ini saya sertakan semua bukti bukti orang yang menipu saya beserta nomor handphone si penjual yang melakukan penipuan.



Kronologisnya pada malam di tanggal 03/05/2013 di pukul21.00 saya online dan sengaja membuka salah satu web  toko online tokobagus.com untuk membeli sebuah sepeda. Setelah mencari cari akhirnya saya mendapatkan sebuah iklan di tokobagus.com sebuah sepeda  dengan harga
Rp.1.000.000  saya tertarik dan mencoba melihat spesifikasi dari sepeda tersebut. Karena lokasi si penjual di daerah depok dekat dengan tempat tinggal saya tertariklah saya (berikut screenshot iklan dari toko bagus.com ).

Kemaudian Pada pukul 22.30  saya sms  si penjual di nomor handphone +6282346289999 berikut screenshot sms nya.



Jika gambar kurang jelas ,beriktu kutipan sms saya :

Saya : Sepedanya dah laku belum gan? Ane mau beli
Penjual : Masih Ada.

Kemudian pada pukul 07.21 si penjual telepon saya menanyakan jadi apa tidak untuk membeli barangnya. Lalu saya jadi dan sipenjual minta alamat pengiriman barangi dan saya sms kembali sipenjual. (beriktu screenshotnya ).



Saya : Okkk passnya berapa gan? 800 gimana ane datangin malam ini
         Jadi mas,itu dah plus ongkir? Sorri mas iklanya di depok kok barangnya di surabaya.
        Alamat saya di : RS.THT.Prof Nizar Jl. Kesehatan Raya No.09 Jakarta-Pusat atas nama
       Bpk.ROBERT/AMAD SOLEH bagian Laboatorium.
Penjual :  Alhamdullilah alamat sudah kami terima
              BRI DEWI JULIANTI Rek : 3248-01-002676-50-3
Pada pukul 08:19:58 saya melakukan transfer uang sebesar Rp.350.000 ke rekening tersebut,karena kesepakatan dari beliau minta dikrim 350.000 dan sisanya setelah barang datang. Berikut Bukti Transfer saya :

            
Bukti Transfer Pertama
Setelah saya transfer saya kontak si penjual bahwa uang sudah diterima,lalu tiga puluh menit kemudian saya mendapat sms dari si penjual (Berikut Screenshotnya).


Penjual : sebelumnya kami mohon maaf sebesar2nya pak, mulai dari ujung kaki sampai ujung rambut,bapak,istri saya tidak mau kirim brangx sebelum pelunasan dulu,maaf pak saya merasa malu.
Pada pukul 08:45 saya hubungi si penjual dan saya bilang OK saya akan lunasin sisanya sebesar Rp.550.000 dan saya minta bapak melakukan pengiriman barang hari ini. Si penjual menyetujui lalu saya pergi ke ATM BCA kembali untuk melakukan transfer sebesar Rp.550.000 pada pukul 09:48:13
Berikut screenshot dari transfer saya dari ATM BCA yang kedua :


Bukti Transfer Kedua

Setelah selesai melakukan transfer saya kontak si penjual agar segera melakukan pengiriman barang dan saya sms. ( berikut sms dari saya )


Saya : Pak sudah saya lunasin dan sudah saya transfer 550 ribu ke rek istri bpk? Kok di matiin hp nya? Saya mempercayai bapak mudah2an kepercayaan bpk bisa sy percaya.
Penjual : iya mas kami juga begitu,mas mempercayai saya.
Saya : amin, hak bapak sudah saya lunasin sesuai perjanjian dan mudah2an hari ini saya dapat kabar pengiriman barang dari bapak.

Setelah menungu kabar dari sipenjual dan tidak ada kabar kabar pengiriman akhirnya saya sms kembali si penjual pada pukul 17:29 . Berikut screenshotnya.


Saya : Gimana pak sudah dikirim? Kok belum ada kabar pengiriman
Penjual : Astaga  mas kami lupa kasih kabar,maaf mas sudah di kirim
Saya : amin ya Allah kalau sudah dikirim,lewat apa pak TIKI,JNE atau POS
Penjual : Lewat JNE mas, mudah mudahan selamat sampai tujuan amin.

Karena dasar kepercayaan saya mempercayai si penjual dengan bahasa islami dan menyebut nama Allah saya percaya barang sudah dikirim dan saya tidak menayakan No RESI nya. Saya berasumsi mungkin barang sampai hari senin atau hari selasa. Pada pukul 18.30 selesai solat magrib saya mendapatkan telepon dari nomor handphone +62818843035 yang mengaku dai pihak JNE surabaya,berikut pembicaraan saya :

Saya : Hallo
penipu +62818843035 : saya dari pihak JNE surabaya,benar saya berbicara dengan Bpk.ROBERT/AMAD SOLEH.
Saya : Iya, saya AMAD SOLEH ada apa pak ?
penipu +62818843035 : Ini barang mau diantar dan harus ada uang jaminan sebesar Rp.750.000 agar barang bisa dikirim sekarang juga dan bpk AMAD SOLEH jangan kemana-mana karena barang akan datang pukul 21.00 malam.
Saya : entar dulu pak,biaya apa 750.000 dan untuk apa?
penipu +62818843035 : Jaminan saja pak,nanti setelah barang datang akan dikembalikan oleh pihak JNE
Saya : Entar dulu pak saya coba konfirmasi pihak JNE apa benar seperti itu?

Kemudian hanphone saya matikan dan saya bergegas ke JNE pusat di DEPOK untuk menyakan kebenaranya mengenai uang jaminan tersebut, ternyata dari pihak JNE tidak ada untuk unag jaminan dan minta sejumlah uang untuk di transfer. Kecurigaan saya mulai yakin bahwa saya kena tipu. Selang beberapa menit nomor ini +62818843035 hubungi saya kembali,beliau mengatakan untuk segera transfer uang agar barang segera dikirim. Karena saya curiga dan saya sudah koordiansikan dari pihak JNE dan security JNE bahwa itu Modus akhirnya saya urungkan niat untuk transfer uang. Sepuluh menit kemudian menelpon kembali si penipu dengan mengancam saya akan memproses saya ke rana hukum karena saya dianggap penadah barang ilegal.karena saya tidak takut saya menanyakan nama dan jabatan si penipu di JNE surabaya,beliau mengatakan namanya hTARWIN dan ketikan saya tanya jabatan beliau hanya bilang karyawan. Akhirnya saya matikan kembali hanphone saya karena saya lagi konfirmasi dari pihak JNE pusat DEPOK mengenai kebenaranya. Memang sudah penjahat si penipu tidak kapok kapoknya menelpon saya ,karena saya sangat kesal akhirnya telepon saya berikan ke komandan security depok untuk melakukan pembicaraanya tetapi belai tidak bisa menginformasikan ketika ditanya alamat JNE surabaya dan si penipu mengancam security JNE depok ingin dibawa ke rana hukum. Saya dibuat heran terkaget kaget dengan pembicaraan beliau ingin membawa kerana hukum,orang saya yang kena tipu malah si penipu mengacam saya dan security JNE depok bahwa akan di bawa ke pengadilan dan tunggu hari senin. (si penipu mengancam saya ).

Dan dengan tegas saya bicara, Silahkan saya tunggu justru saya akan membawa anda ke SEL penjara karena telah menipu saya.

Itulah pembaca semua kejadian yang saya alami dalam transaksi belanja online diTOKOBAGUS.com,mudah mudahan jangan sampai anda tertipu seperti saya.

*)Etika yang seharusnya
      - Kejujuran dalam memberi deskripsi barang yang dijual
      - Menggunakan kata-kata yang baik, tidak kasar dan menjelek-jelekan
      - Selesaikan tawar menawar dengan benar, jangan menjual kepada calon pembeli  lain barang yang sedang ditawar oleh seorang calon pembeli
      - Patuhi kesepakatan dalam pembayaran
      - Disarankan untuk tukar menukar identitas
    *) Akibat bila menipu konsumen online
      - Dapat laporkan ke pihak yang berwajib

      - Dapat dikenakan pasal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar