1) *)Contoh
pelayanan e-service : Izin Penangkapan Ikan
*)Contoh pelayanan e-service : Izin penangkapan ikan
*)Contoh pelayanan e-service : Izin penangkapan ikan
Tujuan : Pelayanan SIUP (Surat
Izin Usaha Perikanan) melalui e-service, baik pemilik kapal maupun nelayan
dapat mengurus perizinan online dimana saja dan kapan saja.
Layanan : Dapat
menghemat waktu layanan penerbitan Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP), dimana
pada awalnya memerlukan waktu 22 hari kerja, namun dengan e-service hanya
memerlukan waktu 12 hari kerja.
ScreenShoot
:
*)Keuntungan e-service
- Memperluas jangkauan pasar
- Alternatif saluran
komunikasi ke pelanggan
- Meningkatkan pelayanan
terhadap pelanggan
- Meningkatkat citra
perusahaan
*)Kerugian e-service
- Keamanan sistem rentan
diserang
- Biaya tambahan untuk
mengakses internet
- Resiko bocornya privacy/data
pribadi
- Berkurangnya waktu untuk
berinteraksi dengan orang lain
2) *) Kasus
Penipuan
Penipuan Ketiga di
TokoBagus.com
Sungguh malang mau dikata apa,ini semua kisah saya nyata dan
saya alami. Sumpah demi ALLAH saya tidak akan lagi belanja online dengan orang
indonesia dan saya mau belanja online di toko online yang mempunyai penyortiran
dari si pengiklan bahwa yang menjual adalah benar benar dan tidak mengecewakan
pembeli. Marah,kecewa dan kesal sudah pasti.
Kejadian penipuan yang ketiga ini saya alami pada tanggal
03/05/2013, entah kenapa saya tidak ada kapok kapoknya belanja
online di tokobagus.com dengan kejadian kejadian yang pernah saya alami. Maaf untuk
semua pembaca,utnuk kejadian yang pertama dan kedua tidak ada screenshot dari
sms dan bukti pembayaran,karena sudah hilang. Dan untuk yang ketiga ini saya
sertakan semua bukti bukti orang yang menipu saya beserta nomor handphone si
penjual yang melakukan penipuan.
Kronologisnya pada malam di tanggal 03/05/2013 di pukul21.00
saya online dan sengaja membuka salah satu web toko online
tokobagus.com untuk membeli sebuah sepeda. Setelah mencari cari akhirnya saya
mendapatkan sebuah iklan di tokobagus.com sebuah sepeda dengan harga
Rp.1.000.000 saya tertarik dan mencoba melihat
spesifikasi dari sepeda tersebut. Karena lokasi si penjual di daerah depok
dekat dengan tempat tinggal saya tertariklah saya (berikut screenshot iklan
dari toko bagus.com ).
Kemaudian Pada pukul 22.30 saya sms si
penjual di nomor handphone +6282346289999 berikut screenshot sms nya.
Jika gambar kurang jelas ,beriktu kutipan sms saya :
Saya : Sepedanya dah laku belum gan? Ane mau beli
Penjual : Masih Ada.
Kemudian pada pukul 07.21 si penjual telepon saya menanyakan
jadi apa tidak untuk membeli barangnya. Lalu saya jadi dan sipenjual minta
alamat pengiriman barangi dan saya sms kembali sipenjual. (beriktu
screenshotnya ).
Saya : Okkk passnya berapa
gan? 800 gimana ane datangin malam ini
Jadi
mas,itu dah plus ongkir? Sorri mas iklanya di depok kok barangnya di surabaya.
Alamat saya di :
RS.THT.Prof Nizar Jl. Kesehatan Raya No.09 Jakarta-Pusat atas nama
Bpk.ROBERT/AMAD SOLEH
bagian Laboatorium.
Penjual : Alhamdullilah alamat sudah kami terima
BRI DEWI JULIANTI Rek : 3248-01-002676-50-3
Pada pukul 08:19:58 saya melakukan transfer uang sebesar
Rp.350.000 ke rekening tersebut,karena kesepakatan dari beliau minta dikrim
350.000 dan sisanya setelah barang datang. Berikut Bukti Transfer saya :
Bukti Transfer Pertama
Setelah saya transfer saya kontak si penjual bahwa uang sudah
diterima,lalu tiga puluh menit kemudian saya mendapat sms dari si penjual
(Berikut Screenshotnya).
Penjual : sebelumnya kami mohon maaf sebesar2nya pak, mulai dari ujung
kaki sampai ujung rambut,bapak,istri saya tidak mau kirim brangx sebelum
pelunasan dulu,maaf pak saya merasa malu.
Pada pukul 08:45 saya hubungi si penjual dan saya bilang OK saya
akan lunasin sisanya sebesar Rp.550.000 dan saya minta bapak melakukan
pengiriman barang hari ini. Si penjual menyetujui lalu saya pergi ke ATM BCA
kembali untuk melakukan transfer sebesar Rp.550.000 pada pukul 09:48:13
Berikut screenshot dari transfer saya dari ATM BCA yang kedua :
Bukti Transfer Kedua
Setelah selesai melakukan transfer saya kontak si penjual agar
segera melakukan pengiriman barang dan saya sms. ( berikut sms dari saya )
Saya
: Pak sudah saya lunasin dan sudah saya transfer
550 ribu ke rek istri bpk? Kok di matiin hp nya? Saya mempercayai bapak
mudah2an kepercayaan bpk bisa sy percaya.
Penjual : iya mas kami juga begitu,mas mempercayai saya.
Saya : amin, hak bapak sudah saya lunasin sesuai perjanjian dan
mudah2an hari ini saya dapat kabar pengiriman barang dari bapak.
Setelah menungu kabar dari sipenjual dan tidak ada kabar kabar
pengiriman akhirnya saya sms kembali si penjual pada pukul 17:29 . Berikut
screenshotnya.
Saya : Gimana pak sudah dikirim? Kok belum ada kabar pengiriman
Penjual : Astaga mas kami lupa
kasih kabar,maaf mas sudah di kirim
Saya : amin ya Allah kalau sudah dikirim,lewat apa pak TIKI,JNE atau
POS
Penjual : Lewat JNE mas, mudah mudahan selamat sampai tujuan amin.
Karena dasar kepercayaan saya mempercayai si penjual dengan
bahasa islami dan menyebut nama Allah saya percaya barang sudah dikirim dan
saya tidak menayakan No RESI nya. Saya berasumsi mungkin barang sampai hari
senin atau hari selasa. Pada pukul 18.30 selesai solat magrib saya mendapatkan
telepon dari nomor handphone +62818843035 yang mengaku dai pihak JNE
surabaya,berikut pembicaraan saya :
Saya
: Hallo
penipu
+62818843035 : saya dari pihak JNE surabaya,benar saya
berbicara dengan Bpk.ROBERT/AMAD SOLEH.
Saya : Iya, saya AMAD SOLEH ada apa pak ?
penipu +62818843035 : Ini barang mau diantar dan harus ada uang jaminan sebesar
Rp.750.000 agar barang bisa dikirim sekarang juga dan bpk AMAD SOLEH jangan
kemana-mana karena barang akan datang pukul 21.00 malam.
Saya
: entar dulu pak,biaya apa 750.000 dan untuk
apa?
penipu +62818843035 : Jaminan saja pak,nanti setelah barang datang akan dikembalikan
oleh pihak JNE
Saya : Entar dulu pak saya
coba konfirmasi pihak JNE apa benar seperti itu?
Kemudian hanphone saya matikan dan saya bergegas ke JNE pusat di
DEPOK untuk menyakan kebenaranya mengenai uang jaminan tersebut, ternyata dari
pihak JNE tidak ada untuk unag jaminan dan minta sejumlah uang untuk di
transfer. Kecurigaan saya mulai yakin bahwa saya kena tipu. Selang beberapa
menit nomor ini +62818843035 hubungi saya kembali,beliau mengatakan untuk
segera transfer uang agar barang segera dikirim. Karena saya curiga dan saya
sudah koordiansikan dari pihak JNE dan security JNE bahwa itu Modus akhirnya
saya urungkan niat untuk transfer uang. Sepuluh menit kemudian menelpon kembali
si penipu dengan mengancam saya akan memproses saya ke rana hukum karena saya
dianggap penadah barang ilegal.karena saya tidak takut saya menanyakan nama dan
jabatan si penipu di JNE surabaya,beliau mengatakan namanya hTARWIN dan ketikan
saya tanya jabatan beliau hanya bilang karyawan. Akhirnya saya matikan kembali
hanphone saya karena saya lagi konfirmasi dari pihak JNE pusat DEPOK mengenai
kebenaranya. Memang sudah penjahat si penipu tidak kapok kapoknya menelpon saya
,karena saya sangat kesal akhirnya telepon saya berikan ke komandan security
depok untuk melakukan pembicaraanya tetapi belai tidak bisa menginformasikan
ketika ditanya alamat JNE surabaya dan si penipu mengancam security JNE depok
ingin dibawa ke rana hukum. Saya dibuat heran terkaget kaget dengan pembicaraan
beliau ingin membawa kerana hukum,orang saya yang kena tipu malah si penipu
mengacam saya dan security JNE depok bahwa akan di bawa ke pengadilan dan
tunggu hari senin. (si penipu mengancam saya ).
Dan dengan tegas saya bicara, Silahkan saya tunggu justru saya
akan membawa anda ke SEL penjara karena telah menipu saya.
Itulah pembaca semua kejadian yang saya alami dalam transaksi
belanja online diTOKOBAGUS.com,mudah mudahan jangan sampai anda tertipu seperti saya.
*)Etika yang seharusnya
- Kejujuran dalam memberi deskripsi
barang yang dijual
- Menggunakan kata-kata yang baik,
tidak kasar dan menjelek-jelekan
- Selesaikan tawar menawar dengan
benar, jangan menjual kepada calon pembeli lain barang yang sedang ditawar oleh seorang
calon pembeli
- Patuhi kesepakatan dalam
pembayaran
- Disarankan untuk tukar menukar
identitas
*) Akibat bila menipu konsumen online
- Dapat laporkan ke pihak yang
berwajib
- Dapat dikenakan pasal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar